Zona Berita Serta Tips dan Trik Seputar Teknologi Terkini

Aplikasi E-Klaim (INACBG V5)

Artikel terkait : Aplikasi E-Klaim (INACBG V5)


Berhubung admin sehari-harinya di Rumah Sakit, tidak salahnya admin ngepost dan berbagi tentang aplikasi yang berhubungan dengan Rumah sakit. Kali ini admin akan bahas tentang aplikasi E-Klaim atau INACBG versi 5. Aplikasi ini adalah aplikasi untuk klaim BPJS.


Aplikasi E-klaim merupakan pengembangan baru dari aplikasi INA-CBG 4.1 sebelumnya, dimana terjadi perubahan yang cukup mendasar baik dari segi tampilan maupun konsep alur data.


Pada bulan oktober 2016 telah dilaunching aplikasi e-klaim INA-CBG v5 yang merupakan aplikasi yang akan digunakan untuk melakukan proses klaim pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan rujukan tingkat lanjutan (FKRTL)  peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Aplikasi tersebut untuk mendukung implementasi berlakukan Peraturan Menteri Kesehatan nomor 52 Tahun 2016 tentang Standar Tarif Pelayanan Kesehatan dalam Pelayanan JKN serta Peraturan Menteri Kesehatan nomor 64 Tahun 2016 tetang perubahan atas PMK 52 tahun 2016.



Pada aplikasi E-klaim ini rumah sakit diwajibkan untuk mengirimkan juga data individual pelayanan ke pusat data kementerian kesehatan yang selanjutnya data tersebut akan digunakan untuk proses monitoring dan evaluasi serta untuk kepentingan lainnya. Proses pengiriman data dapat dilakukan dengan beberapa cara diantaranya dengan menggunakan aplikasi dan non aplikasi, dapat di jelaskan dalam gambar berikut :





Untuk apa rumah sakit mengirimkan data individual klaim? Manfaat rumah sakit apabila mengirimkan data individual klaim?

1. Kementerian akan memiliki data seluruh rumah sakit, termasuk data yang tidak lolos verifikasi.

2. Dengan mengirim data klaim secara rutin, rumah sakit akan memiliki “backup” data yang berada di kementerian kesehatan, sehingga rumah sakit dapat mendownload kembali data histori klaim (dengan catatan rumah sakit sudah secara rutin mengirim semua data klaim sebelumnya)

3. Dengan mengirim data klaim ke kementerian kesehatan secara online, secara tidk langsung rumah sakit berperan serta dalam proses monitoring, evaluasi dan pengembangan INACBG termasuk dalam proses pembaharuan tarif INACBG untuk kedepannya.


Semoga bermanfaat...

Artikel Britazone.com Lainnya :

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2015 Britazone.com | Design by Plegur Management