Zona Berita Serta Tips dan Trik Seputar Teknologi Terkini

Tahukah Anda Tentang GPU? - britazone.com

Artikel terkait : Tahukah Anda Tentang GPU? - britazone.com

BRITAZONE – Pastinya sobat britazoners sudah sering mendengar istilah GPU pada sebuah smartphone, namun sudahkah anda paham tentang GPU tersebut? GPU atau singkatan dari graphic processing unit yang merupakan sebuah CPU (Central Processing Unit) tambahan atau yang lebih sering disebut dengan co-processor, yang memiliki tugas untuk melakukan suatu pekerjaan yang membutuhkan banyak perhitungan dalam satu waktu, dan salah satu pekerjaan tersebut adalah pengolahan grafis.

Berikut sedikit ulasan tentang GPU beserta fungsinya:

GPU (graphic processing unit) memiliki fungsi yang hampir mirip dengan CPU. Namun yang membedakan dari keduanya adalah bahwa CPU hanya memiliki beberapa core saja, sedangkan untuk GPU memiliki beberapa ribu core. Dan disinilah yang membedakan tugas serta fungsi antara GPU dan CPU. GPU lebih tepat untuk pengolah grafis atau gambar, sedangkan CPU sebagai pengolah data.

Untuk melakukan pengolahan gambar atau grafis, GPU akan melakukan penelitian terlebih dahulu untuk setiap pixel yang muncul di layar, yang jumlahnya bisa mencapai berjuta-juta. Namun bisa dibilang GPU memiliki kemampuan hitung yang lebih rendah jika dibanding dengan CPU, namun GPU lebih unggul dalam bidang jumlah. Sedangkan, dalam dunia grafis jumlah adalah point yang paling penting, oleh sebab itu GPU yang lebih tepat sebagai pengolah gambar atau grafis.
Macam-Macam GPU

Mali

Mali adalah salah satu produk GPU yang dilahirkan dari perusahaan ARM. Mungkin anda masih sedikt asing dengan nama Mali, karena memang masih jarang perangkat smartphone yang menggunakan GPU Mali tersebut. Saat ini versi GPU Mali yang tercepat adalah Mali T-720, namun hingga saat ini belum ada perangkat yang berjalan dengan menggunakan GPU tersebut. Tingkatan produk Mali dari terendah hingga tercepat Mali 400MP, Mali 450MP, Mali T628MP6 dan Mali T760.

PowerVR

PowerVR adalah jenis GPU yang paling banyak kita jumpai di perangkat Apple seperti iPod dan iPhone. Salas satu produk terbaru dari PowerVR adalah G6430, yang saat ini telah terpasang di iPhone 5S. Tingkatan produk PowerVR dari terendah hingga tercepat PowerVR SGX535 (iPhone 3GS), PowerVR SGX543MP2 (iPhone 4S), PowerVR SGX543MP3 (iPhone 5/5C), PowerVR G6430 (iPhone 5S).

Adreno

Adreno adalah GPU yang dikembangkan oleh AMD yang merupakan anagram dari Radeon (produk GPU dari ATI). Produk Adreno dari terendah hingga tercepat Adreno 200, Adreno 203, Adreno 205, Adreno 220, Adreno 225, Adreno 230, Adreno 302, Adreno 305, Adreno 320, Adreno 330, Adreno 420.

Demikian sedikit ulasan tentang pemahaman dari GPU beserta fungsinya. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat britazoners.

Artikel Britazone.com Lainnya :

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2015 Britazone.com | Design by Plegur Management